Ternak Kenari Agar Cepat Bertelur

Halo Kenari Lover's kali ini akan kita bahas Cara Ternak Kenari Agar Cepat Bertelur. Sebelumnya izinkan saya menyapa Anda dimanapun kalian berada dari dunia nyata maupun ghaib..:-D :-D salam sejahtera "Hobbies as Art" hobi adalah seni. Langsung kita kembali ke topik bahasan.

Bagi pemula, Saya sarankan untuk memulai ternak kenari lokal atau kenari kecil dulu, karena relatif lebih mudah dibanding ternak kenari postur atau kenari besar seperti yorkshire, F1, F2 dan F3. 

Tapi jika kalian ingin mencoba langsung kenari besar dengan harga yang lebih mahal, tidak ada salahnya. Ada pepatah "Ambillah Resiko yang paling Besar, untuk Sukses Terbesarmu."
Bagi sobat kicau mania yang ingin segera memulai beternak burung kenari, berikut ini tips terbaik Ternak Kenari.

Cara Ternak Kenari Agar Cepat Bertelur
https://labeltechno.blogspot.com/2017/11/ternak-kenari-agar-cepat-bertelur.html
Doc. Google

1. Membedakan Kelamin Pada Burung Kenari
Sebagai calon peternak atau peternak pemula anda harus bisa membedakan Kenari jantan dan Kenari betina. Apa jadinya bila kanari yang anda ternak sama-sama jantan atau sama-sama betina he..he.. Memang awalnya terasa sulit menentukan jenis kelamin burung kenari namun lama-lama anda akan paham dengan sendirinya. Cara membedakan jenis kelamin kenari :

JANTAN 

  • Kloaka atau dubur menonjol, tegak lurus atau vertikal.
  • Berbunyi ngerol dan nyaring.
  • Bodi atau tubuh nya cendrung ramping memanjang, leher lebih panjang.

BETINA
  • Kloaka atau dubur tidak menonjol tapi datar.
  • Berbunyi tapi tidak ngerol, ada juga yang ngerol tapi tidak nyaring dan putus2.
  • Bodi atau tubuh nya cendrung agak bulat dan leher lebih pendek.

2. Mengetahui Usia Kenari Dan Kesiapan Kenari
Usia Kenari dan kesiapan Kenari menjadi faktor penting sukses atau tidak nya dalam proses penangkaran burung mungil ini. Kenari yang sudah siap diternak idealnya usia 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan. Namun untuk kenari postur atau besar seperti keturunan kenari yorkhire idealnya usia 10 bulan atau lebih.

TIPS:

Kenari yang sedang diternak pastikan dalam kondisi birahi, karena ada kalanya kenari yang sudah cukup umur namun tidak birahi, sehingga sulit diternak karena sulit berjodoh. Dan kanari pun harus dalam kondisi sehat. Karena Ternak Kenari tidak seperti ternak unngas pada umumnya. Pilihlah calon indukan yang tepat.

https://labeltechno.blogspot.com/2017/11/ternak-kenari-agar-cepat-bertelur.html

Setelah calon indukan sudah siap, maka tahap selanjutna tinggal proses penjodohan. Dalam proses ternak kenari tidak lepas dari proses penjodohan. Penjodohan Kenari adalah proses memperkenalkan kenari jantan dengan kenari betina atau sebaliknya. Kenari jantan dan betina ditempatkan pada sangkar berbeda kecuali menggunakan sangkar yang ada penyekatnya, kenari jantan dan dan betina hanya dibatasi oleh penyekat tersebut. Namun kali ini saya akan membahas beternak kenari menggunakan sangkar box khusus ternak burung kenari.
Sangkar box khusus untuk kenari betina.
Sangkar gantung untuk kenari jantan.

TIPS MENJODOHKAN KENARI:

Pastikan kenari tidak gemuk, Bila kenari gemuk akan menghambat proses penjodohan. Cara mengetahui kenari yg gemuk bisa dilihat dibagian leher dan perut, bila kegemukan akan terlihat gumpalan lemak berwarna kuning. Jika kegemukan sebaiknya pakannya ditakar, tambahkan mentimun dan kenari dijemur setiap hari. Karena Kenari yang kegemukan akan sangat sulit dijadikan indukan.

Dekatkanlah kedua sangkar tersebut, kenari betina yang ada pada sangkar box dan kenari  jantan yang ada pada sangkar gantung. Idealnya proses penjodohan ini 3 hari.
Selama proses penjodohan sebaiknya kenari jantan dan betina dijemur dalam sangkar terpisah (07.00 - 09.30) sebaiknya kedua kenari dijemur berdekatan.
Pakan Ternak Kenari diberikan makanan bergizi seperti telor puyuh, sayuran, apel dan multivitamin. Pemberian sebaiknya selang seling agar kenari tidak bosan.

Share This Post :

FacebookGoogle+Twitter

0 Response to "Ternak Kenari Agar Cepat Bertelur"