Ternak lovebird Koloni ?? 5 Hal Wajib Diketahui

Lovebird adalah satu jenis burung paruh bengkok, yang memiliki suara yang melengking dan keras dengan nada yang khas. Selain suaranya yang unik, burung ini juga memiliki kualitas warna yang indah dan eksotis, maka sekarang banyak pula yang mencoba membudidayakannya, dari yang Ternak Lovebird Koloni sampai yang berpasang - pasangan.

Dari kedua cara ternak tersebut, masing - masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Dari pengalaman yang saya yang sudah di uji coba ada beberapa kendalanya dari setiap cara yang digunakan, namun banyak juga keunggulannya. Kali ini saya akan mencoba sekuat hati untuk berbagi ilmu sistem Ternak Lovebird Koloni yang semoga akan berguna bagi nusa dan bangsa dan untu kalian juga...hihhiiii..:-D

Ada poin penting yang perlu kalian ketahui tentang Ternak Lovebird Koloni ini. Berikut akan kita bahas terlebih dahulu kekurangannya..

https://labeltechno.blogspot.com/2018/01/ternak-lovebird-koloni.html
Ternak Lovebird Koloni


1. Ukuran TEMPAT

Memerlukan tempat yang cukup luas, apabila ada ruangan kosong yang tidak terpakai akan lebih baik lagi, karena kita hanya perlu menutup sedikit celah - celah yang ada. Seperti misalnya bekas kamar mandi, gudang, ataupun kamar tidur yang suadah tidak digunakan. Tapi, usahakan ada cahaya dan udara segar yang masuk, biar bisa membuat lovebird di tempat koloni merasa nyaman, tenang dan damai. Seperti halnya manusia, lovebird juga mahluk hidup yang membutuhkan suasana tenang untuk berlangsung hidup dan membesarkan anak - anaknya.

Atau paling tidak kita gunakan ukuran p x l x t dengan ukuran 2m x 1,5m x 2m juga sudah cukup asal jangan terlalu banyak lovebird yang akan kita maaukan nantinya. Atau taruhlah sekitar 4 pasang untuk tiap 1m persegi.

2. Penempatan GLODOK

Setelah kandang sudah siap, kita tinggal menata glodok atau rumah atau tempat bertelur untuk si lovebird nantinya. Untuk penempatan glodok kita pasang dengan ketinggian sekitar 30cm dari batas ketinggian bagian atas, dengan jarak sekitar 10-15 cm dari tiap glodok dengan penempatan menempel di bagian dinding. Untuk banyaknya glodok, usahakan kita beri lebih, misalkan kita memiliki 20 pasang di kandang koloni, maka kita pasang 25 glodok. Ini bertujuan agar si lovebird bisa memilih dengan bebas tempat yang dirasa nyaman baginya.

3. Pakan

Kalau untuk pakan, kita hanya perlu satu tempat wadah yang berukuran agak besar. Bisa lita gunakan nampan atau tempat buatan kita sendiri dengan ukuran sekitar p 50cm, l 25cm dan t 10cm.
Ini akan kita gunakan untuk tempat milet atau canary seed (biji kenari). Karena sesungguhnya burung ini hidup berkoloni di alam bebasnya. Maka tidak perlu khawatir, mereka akan saling berbaur dengan baik dalam satu koloni.
Oiiya.. Jangan lupa untuk memberi ektra fooding nya yahH.. Seperti kangkung dan jagung muda, kalau bisa kita beri setiap hari. Untuk menggenjot sistem reproduksi.


4. Tempat MINUM

Tempat minum kita gunakan saja yang sudah jadi yang biasa digunakan pada peternakan ayam unggas, karena lebih efisien dan praktis. Kita gantung sekitar 2-3 tempat minum dengan jarak 40-50cm dari bagian atas. Untuk beberapa hari sekali kita beri air agar tidak sampai kehabisan.

5. Media SARANG

Media sarang kita bisa membuatnya sendiri atau beli yang sudah siap pakai yang banyak dijual di tempat kios burung. Kalau mau buat sendiri, kita gunakan dari ranting pohon randu yang sudah kita kupas kulitnya dan kita keringkan. Setelah kering, lalu kita sayat atau kita iris tipis - tipis. Jangan takut sarangnya nanti tidak nyaman, karena tiap indukan lebih tahu dan paham persis bagaimana membuat sarang yanv nyaman buat calon anaknya. Mereka akan menghaluskannya dengan cara menggigiti dan mencelupkannya ke air bahan sarang tersebut sampai dirasa halus dan akan membawanya ke tempat sarang.

Setelah semuanya sudah siap, kita lanjutkan ke prosea pemasukan calon indukan. Baik yang sudah jodoh maupun belum kita masukan saja, asal sudah mapan. Kalau yang belum berjodoh, si lovebird di kandang koloni akan mencari pasangannya masing - masing dan segera memilih tempat atau glodok untuk bertelur. Misalkan kita masukan 10 betina, maka untuk jantan juga kita masukan 10 ekor. Ini bertujuan agar tidak ada yang jomblo nantinya.. :-D

Semoga di ulasan Ternak Lovebird Koloni ini semuanya jelas agar bisa berguna dan kalian terapkan dengan baik. Salam Lovebirds Lover's enyong wong pinggiran balung cilik, kalau ada salah dalam penuturan kata saya mohon maaf. Jika ini bermanfaat bagi kalian silahkan bantu Share agar berguna juga bagi teman dan saudara sehobi kita di luar sana.

Share This Post :

FacebookGoogle+Twitter

0 Response to "Ternak lovebird Koloni ?? 5 Hal Wajib Diketahui"