Cara Setting Oli Samping Ninja

Halo para Biker's...Gimana kabarnya nih? Setelah kemarin sudah kita bahas tentang Modifikasi Ninja 150 RR Full Upgrade, kali ini akan kita bahas tentang Cara Setting Oli Samping Ninja nih. Oke, tanpa basa-basi kita langsung menuju TKP aja langsung.

Pada dasarnya settingan oli samping ninja itu sudah pada level aman dari pabrikan Kawasaki itu sendiri, namun buat para biker's yang sudah mengganti part asli dengan part racing, tentu hal ini pengaruh besar pada perform si kuda besi tersebut. Misalakan, knalpot pabrikan diganti knalpot racing, ini tentu saja harus mensetting ulang mulai dari spuyer standart ke racing sampai settingan oli samping juga.

Untuk yang belum tahu dan ingin menambah wawasan tentang tata Cara Setting Oli Samping Ninja 2 Tak mari simak ulasan berikut...

1. Pertama-tama, kita buka dulu tutup gigi tarik depannya dengan cara membuka telebih dahulu 3 baut ukuran 8-nya dengan kunci pas.
http://www.labeltechno.xyz/2016/02/cara-setting-oli-samping-ninja.html

Setelah cover gigi tarik depan dibuka, maka akan kelihatan cover dust dari pompa oli sampingnya seperti gambar di atas.

2. Lalu, buka 2 baut pengikat cover pompa dengan obeng (+) samapai terlepas.
Kemudian keluarkan perlahan tutup debunya dengan cara menarik ke bawah, lalu akan tampak seperti gembar berikut.

http://www.labeltechno.xyz/2016/02/cara-setting-oli-samping-ninja.html

Perhatikan ada tanda (-) pada samping bodi pompa oli samping dan juga ada pula tanda yang sama pada tuas penggerak di pompa.

http://www.labeltechno.xyz/2016/02/cara-setting-oli-samping-ninja.html

3. Kemudian, nyalakan mesin beberapa saat, sekitar 3 menitan aja broo...lalu di matikan mesinnya, selanjutnya kalian coba tarik grip gas sampai mentok, kalo sudah ditarik grip gas sampai mentok, kalian lihat apakah kedua tanda (-) tadi sejajar?

http://www.labeltechno.xyz/2016/02/cara-setting-oli-samping-ninja.html

Kalau sejajar kaya gambar di atas, maka itu tandanya settingan oli samping kalian masih settingan standart pabrik. Intinya, itu tandanya settingan keborosan oli kalian masih sesuai dengan standart yang diperhitungkan pabrikan.

Namun perlu diingat, itu kalau semuanya masih bawaan dari pabrikan atau belum di otak-atik. Baik itu dari oli samping yang digunakan atau pun perubahan pada mesin (mulai dari knalpot, spuyer mainjet/pilotjet hingga settingan karburator), jika sudah ada sedikit saja perubahan maka yang lain juga harus menyesuaikan.

Sebagai contoh Ninja 150 RR saya, dikarenakan menggunakan knalpot racing, maka harus juga ada perubahan di settingan oli samping yang utama, harus di boroskan sedikit untuk mendukung perform si kuda besi tersebut.

Bila tanda (-) yang ada pada tuas penggerak pompa harus melewati tanda (-) yang berada pada posisi bodi samping pompa (harus berada sedikit turun ke bawah). Itu berarti settingan oli samping kalian sudah settingan boros (settingan racing), tapi gak usah bingung, bimbang, cemas dan ragu mas broo...meski udah di setting boros, settingan ini masih irit kok, sekitar 1500 km/liter lhoo...
(masa beli motor bisa, beli oli samping kagak) hihiihihihi....
http://www.labeltechno.xyz/2016/02/cara-setting-oli-samping-ninja.html


Nah, sekarang sudah tiba waktunya ajang test,test dan test...Jikalau, pada saat tarikkan pada kondisi motor jalan di speed awalan terasa ngepos (mbrebet) itu menandakan settingan belum pas, bisa kalian naikkan lagi tingkat keborosannya.
Namun, jika sudah terasa kenceng pooolL...berarti settingan sudah pas, perlu diingat jika sudah ada perubahan pada knalpot misalnya, maka settingan oli samping ini sangat WAJIB karena jika tidak, maka mesin motor kalian jadi korban lama-kelamaan.

Gimana Mas Broo... semua, apakah sudah paham tentang Cara Setting Oli Samping Ninja di atas tadi. Semoga bisa bermanfaat yah dan bisa menambah wawasan buat para Biker's. Salam Kompak Selalu buat Biker's Tanah Air.

Share This Post :

FacebookGoogle+Twitter

0 Response to "Cara Setting Oli Samping Ninja"